Home » Uncategorized » Salam Bilogai, “Minum Susu Saya” Sebuah Tanda Kasih Sayang

Salam Bilogai, “Minum Susu Saya” Sebuah Tanda Kasih Sayang

Bilogai adalah salah satu kampung di distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Bilogai terletak di wilayah pegunungan tengah. Ada sesuatu yang menarik di daerah ini, yaitu bagaimana cara masyarakat setempat bersalaman dan bertegur sapa. Berikut ini adalah cara bersalaman dan bertegur sapa ala masyarakat Bilogai :

Apabila yang bersalaman adalah pria dan wanita, maka jari telunjuk dan tengah pria ditekuk berada dalam posisi yang ‘mengapit atau menjepit’ sedangkan yang jari telunjuk wanita ditekuk dan berada di antara jari telunjuk dan tengah pria. Kemudian masing-masing menarik jari mereka hingga muncul bunyi ‘klik’. Dilanjutkan dengan berjabat tangan.

Ketika bertemu dan memulai salam dalam jarak dekat, ada kalimat yang harus diucapkan yaitu:

Amakane Artepamakane (Minum Susu Saya)

Selain itu ada juga salam yang dilakukan dalam jarak jauh, caranya adalah dengan gesture telapak tangan menghadap keatas dan jari-jari tangan digerakan ke dalam dan keluar, seperti dalam posisi untuk mengajak seseorang agar mendekat ke kita. Kemudian mencubit dada sendiri seraya tersenyum. Cubitan di dada ini pun bermakna sama dengan ‘Amakane Artepamakane’ yang berarti ‘Minum Susu Saya’ hanya saja berhubung jaraknya jauh, jadi dilakukan dengan bantuan bahasa tubuh. Lawan yang berada di jarak yang jauh akan merespon dengan gesture yang sama.

Minum susu saya merupakan sebuah ungkapan kasih sayang yang sangat luar biasa dan jabat tangan merupakan tanda persaudaraan, antara keluarga yang satu dengan keluarga yang lain.

Makna dari salam “Minum Susu Saya” ini berasal dari kasih sayang seorang Ibu kepada Anaknya yang tulus dan tidak terbatas disimbolkan melalui ASI (Air Susu Ibu) yang merupakan sumber awal kehidupan seorang anak. Hal ini kemudian diadaptasi oleh masyarakat Bilogai dalam bentuk salam yang menunjukkan rasa kasih sayang dan persahabatan persaudaaraan yang kuat laksana seorang Ibu kepada Anaknya.

Salam Bilogai adalah salah satu kearifan lokal yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, salah satu ragam budaya yang memiliki makna dan nilai-nilai luhur yang harus kita resapi dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan apabila semua masyarakat Indonesia dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai ini, indah bukan? :)

Coba lihat video ini untuk lebih jelasnya!

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

January 2013
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 46 other followers

%d bloggers like this: